Tentang kami :

Senin, 17 Agustus 2015

Sering Dengarkan Musik Baik Buat Kesehatan Lho!


Poker Jingga - Pekerjaan yang menggunung kadang memicu pikiran menjadi penat. Stuck dan tidak bisa berpikir secara jernih. Untuk mengusirnya, sebagian orang memilih untuk mendengarkan musik. Tidak begitu sulit, karena kehadiran smartphone memang sudah menunjang fasilitas hiburan semacam musik. Selain menenangkan pikiran, ternyata mendengarkan musik juga memberikan manfaat bagi kesehatan.
Mengurangi Tekanan Darah
Tak banyak yang tahu jika mendengarkan musik dapat meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Centre pada tahun 2008, berhasil mengungkapkannya. Dijelaskan bahwa mendengarkan musik dan membuat pembuluh darah melebar, sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah.
Mengurangi Stres
Hasil studi yang dilakukan di Inggris dan Jerman pada tahun 2008 menunjukkan bahwa mendengarkan musik selama 50 menit mampu mengurangi stres. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa meningkatkan antibodi dalam tubuh. Penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology tahun 2011 juga menambahkan musik yang menyenangkan dapat menurunkan kadar hormon stres, yaitu kortisol.
Meningkatkan Kesehatan Jantung
Di samping sirkulasi darah yang lancar dapat berperan secara tak langsung untuk menjaga kesehatan jantung, ada manfaat lain mendengarkan musik untuk jantung. Saat mendengarkan musik, denyut jantung cenderung meningkat. Menurut Dr Miller dalam laporannya di Daily Mail, tingkat variabilitas jantung ini bisa meningkatkan kesehatan jantung.
Melawan Asma
Saat asyik mendengarkan musik, secara tak sadar seseorang juga ikut bernyanyi. Selain dapat mengusir stres, aktivitas tersebut ternyata dapat menjauhkan diri dari asma. Bernyanyi membantu seseorang untuk belajar bernapas lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.