Tentang kami :

Minggu, 16 Agustus 2015

Ini kanker laring yang bikin tenggorokan bolong karena merokok


Poker Jingga - Pejuang anti tembakau Robby Indra Wahyuda meninggal dunia setelah akhir 2014 berjuang melawan kanker laring yang dideritanya. Akibat kanker tersebut, Bobby harus merelakan tenggorokannya bolong, seperti dalam desain bungkus rokok dan suaranya hilang. 

Setelah dinyatakan menderita kanker laring, Robby kemudian giat mengampanyekan gerakan anti rokok. Melalui akun Facebook pribadinya, pria yang bekerja di Dinas Pendidikan Kota Samarinda ini menuliskan perjuangannya melanjutkan hidup.

Tapi tahukah Anda apa itu kanker laring, dan apa penyebabnya. Seperti dikutip pokerjingga.com dari asiancancer.com, Kamis (25/6), kanker laring adalah tumor ganas yang berasal dari jaringan epitel mukosa laring, kanker yang paling umum tenggorokan squamous cell carcinoma

Kanker laring disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya rokok, alkohol, polusi udara hingga hormon seksual. Tapi dalam kasus Robby, kanker laring yang dideritanya berasal dari rokok, kebiasaan yang dilakukannya semenjak remaja.

Seperti dilansir asiacancer.com, secara medis disebutkan, pembakaran tembakau dapat menghasilkan zat karsinogenik, Dan gerakan silia asap tembakau dapat membuat untuk menghentikan atau memperlambat, kemacetan dan edema mukosa, hiperplasia epitel, penebalan dan metaplasia skuamosa, secara karsinogenik.

Lalu bagaimana pengobatan penderita kanker laring. Berikut di antaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.